Never ending Rail story
Free IQ Test
Free-IQTest.net - Free IQ Test

Jalur antara Kroya-Purwokerto terkenal akan ke eksotisannya. Di beberapa titik, terdapat pemandangan indah yang bisa menyejukkan mata orang yang melaluinya. Ada terowongan notog, jembatan serayu, terowongan kebasen, dan tentunya stasiun kebasen. Daerah ini memang tergolong daerah dengan medan yang cukup sulit. Dibangun oleh Belanda melalui perusahaan Serajoedal Stoomtram Maatschappij. Sudah cukup tua memang. Namun, karena pembangunan double track jalur Cirebon-Kroya, spot-spot eksotis ini akan dipindah dan tentunya tidak digunakan lagi.

Sejak pertama melihatnya sekitar 6 bulan yang lalu, saya jatuh cinta dengan daerah ini. Saya baru tau, ternyata rumah teman saya yang ada didaerah sampang, Cilacap, dekat dengan stasiun ini, sekitar 2km ke arah utara. pertama, saya kurang kebasen tunnelperhatikan stasiun kebasen..tapi saya langsung suka sama terowongan kecil yang terletak tak jauh dari stasiun kebasen. Railfans biasa menyebutnya stasiun kebasen. terowongan itu terletak di pinggir sungai serayu, salah satu sungai besar di jawa tengah. Letaknya yang dekat sekali dengan pinggiran sungai, membuatnya sagat bagus untuk difoto. Terlebih, terowongan ini memang terletak juga di pinggir jalan yang menghubungkan sampang dengan pasar patikraja.

Jika ditelusuri jalurnya, setelah stasiun kebasen, ke arah utara menuju purwokerto, akan bertemu dengan perlintasan kereta api yang kemudian menikung melewati bendungan notog tunnelgeser sungai serayu, lalu melintas di pinggir sungai serayu, barulah masuk terowongan kebasen. Terowongan ini juga tidak panjang, mungkin sekitar 30m. Setelah keluar terowongan, jalur ini langsung tersambung dengan jembatan serayu yang cukup panjang. Mungkin lebih dari 50m panjangnya. 100m kali ya…g pernah ngukur c :D

Setelah serayu, jalur akan melewati pegunungan, disebelah kiri jalan rawalo-purwokerto tepatnya. Lalu menuju terowongan notog dan kemudian stasiun notog. Pemandangan-pemandangan ini akan terasa lebih indah jika memang kita menaiki kereta api, terutama di pagi hari. Saya pernah menyebrangi jembatan kereta di sungai serayu itu, pagi2 pula. memang indah sekali pemandangannya. dengan background pegunungan yang terhampar sisana pohon2 yang terusun rapi, ditambah tebalnya kabut di pgi hari semakin menambah indah suasana. Sayang, saya tidak membawa kamera waktu itu.

Namun, keindahan jalur ini, mungkin tidak akan berlangsung lama lagi. Pembangunan jalur double track Cirebon Kroya saat ini telah dimulai. Dengan tahap awal adalah double track jalur Purwokerto-Patuguran, kemudian dilanjutkan Patuguran-Prupuk dan mungkin setelahnya adalah Prupuk-Cirebon. Lalu yang terakhir adalah Purwokerto-Kroya. Mengingat jalur ini mempunyai medan yang cukup sulit serta tidak memungkinkan untuk membuat jalur kedua disebelah jalur yang lama, maka kemungkinan besar jalur ini akan dipindah…hikz..hikz.. Entah akan seperti apa jalur yang baru. Menurut informasi yang saya peroleh dari milist keretapi@yahoo.com, stasiun kebasen akan digeser lebih kurang 200m ke arah selatan atau ke arah stasiun Kroya. Namun, untuk kepastian pemindahan jalurnya masih belum diketahui. Mungkin masih dipikirkan PT. KAI.

bendungan geser serayu

Jika pada kenyataan memang harus dipindah, maka otomatis jalur yang lama ini akan tidak digunakan lagi. sayang banget padahal..andai saja jalur ini bisa digunakan untuk kereta wisata mengingat jalurnya yang eksotis, atau, jalur ini digunakan namun terputus dengan jalur yang baru dan terhubung dengan jalur selatan yang mengarah ke barat atau ke Bandung. Jadi, jalur ini langsung terhubung ke Purwokerto dari arah Bandung maupun Cilacap tanpa harus melewati atau langsir di Kroya. tentunya kan tidak menyebabkan jalur ini sia2.

Oleh karena itu, sebaiknya, sebelum jalur ini hilang atau sepi karena tidak adanya kereta yang melalui jalur ini. Alangkah baiknya diabadikan. Mumpung masih rame:D Sayang kan kalo beberapa tahun lagi, jalur ini sudah mulai berkarat dan mungkin hilang dijarah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Andaikan saya punya kamera…

1.)pict Argo Lawu Lebaran by bung Hedwigus(semboyan35.com)

2.)pict Kebasen Tunnel

3.)pict Notog Tunnel (from kaskus.us)

4.)pict Senja Bendungan geser Serayu

Comments

12 Responses to “Jalur itu akan hilang..”

  1. zam on June 10th, 2008 8:54 am

    akankah jalur ini bernasib sama dengan jalur Ambarawa?

  2. andhika_wahyu on June 10th, 2008 12:57 pm

    bisa jadi kang zam,tp bs lebih buruk. mgkn bakal terlantar seperti jalur jogja-semarang atau jogja bantul..ya mg2 saja bisa digunakan lagi lah biar g mubazir:D

  3. Narendra on June 16th, 2008 10:11 am

    Wah. . . .
    Yang bener tuh berita nya?
    Gue jujur gak mau itu terjadi. . .
    GUE prihatin yah…

  4. Valentinus_antonius on June 21st, 2008 7:15 pm

    Betul juga kalo sampai ilang sayang seribu sayang padahal jalur itu juga jalur perjuangan lo kalo pernah liat filmnya ” Kereta Api Terakhir “

  5. katro on September 11th, 2008 10:12 am

    kuwe desane inyong… :-)

  6. Noeloe on October 17th, 2008 2:40 pm

    Waduh kalo mbner…… aq mudik lewat mana yaaa…. wong kretane musti jalur itu…. hiks…. ^m^

  7. danoetz on November 5th, 2008 1:58 am

    wah waahhh… masie cinte aje ni ma rel kreta.. haha, jangan2 km ikud sindikat pencuri rel ndhik? hayo ngaku!

    add my link dunk.. :”> tq

    find me [et] http://www.indazone.co.cc

  8. milo on May 15th, 2009 1:57 pm

    Wah boleh neeh jadi tukang potretnya, ku pengen treking ke daerah sana dengan beberapa teman sehobi

    Kunjungi;
    http://purwokertoheritage.blogspot.com/
    http://www.panoramio.com/user/803598

  9. aprilati fadila on June 25th, 2009 10:50 pm

    desane inyong juga. aku wong sampang limang tahun ora bali. kalo bener berita itu aku hrs cepat2 mudik tilik kampung n sekitarnya. sblm kenangan indah hilang.

  10. harry on August 9th, 2009 4:55 pm

    hilang yaa..??? wah sayang donk.. tu jalur favoritku, kenangan masa kecil….

  11. tri nugroho on August 14th, 2009 10:01 pm

    Sebetulnya gak perlu dihilangkan jalur yang ada sekarang, pakai saja buat searah, untuk kroya-purwokerto atau sebaliknya, sedangkan jalur yang BARU, untuk arah sebaliknya, mungkin ini juga dapat menghemal REL dan BANTALANNYA, karena membangun relnya hanya searah saja.

    Sangat sayang sekali kalau sampai ada jalur yang DIHILANGKAN.

    sekedar usulan saja.
    terima kasih.

    Tri, Jakarta, mobile 0856.10.20.186

  12. bambang hadi triono on November 5th, 2009 6:40 am

    kemana hendak dicarai bilamana telah dibangun rel ganda lintas pwt yang dikabarkan menghapus trowongan wah sangat2 disayangakn bilamana benar-benar terjadi

Leave a Reply




slamet