Never ending Rail story
Free IQ Test
Free-IQTest.net - Free IQ Test

Jalur kereta api Bogor - Sukabumi sudah dua tahun lamanya ditutup. Penutupannya bukan karena nilai ekonomi yang kurang dari track ini. Tetapi karena dibeberapa titik memang sudah mengalami kerusakan. Sehingga, berbahaya kalo tidak ditutup dahulu. Namun, akhirnya PT. KAI akan memperbaiki jalur2 yang rusak tersebut, dan akan mulai beroperasi kembali pada awal 2009. berikut berita lengkapnya:

02/06/08 15:38

KRD Sukabumi-Bogor Beroperasi Kembali Awal 2009

Sukabumi (ANTARA News) - PT Kereta Api (KA) berencana mengoperasikan kembali Kereta Rel Diesel (KRD) jurusan Sukabumi-Bogor pada awal Januari 2009, setelah sempat vakum selama hampir dua tahun.

“Saat ini PT KA tengah melakukan perbaikan rel seluruh lintasan wilayah Bogor dan Sukabumi. Direncanakan, tahun 2009 nanti KRD bisa dioperasikan kembali,” kata Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jakarta, Ahmad Sujadi, ketika dihubungi dari Sukabumi, Senin.

Menurut dia, PT KA melakukan perbaikan lintasan rel karena jalur lintasan rel Sukabumi-Bogor sudah tidak layak, sehingga sejumlah titik banyak terdapat rel yang rusak dan harus diganti.

“Mudah-mudahan pada Desember 2008 mendatang proses perbaikannya sudah selesai,” katanya, seraya menambahkan dana perbaikan rel itu diambil dari APBN.

Dijelaskannya, penghentian jalur kereta Sukabumi-Bogor tahun 2006 bukan karena pertimbangan rendahnya nilai bisnis, namun penghentian pengoperasian KRD jurusan Sukabumi-Bogor disebabkan banyak lintasan rel yang rusak dan rawan kecelakaan.

“Kalau dipaksakan, maka akan banyak terjadi kasus kecelakaan,” tuturnya.

Menurut Sujadi, bila KRD jurusan Sukabumi-Bogor diaktifkan kembali, maka harga tiketnya disesuaikan dengan kondisi saat ini, tetapi naik harga tiketnya masih lebih murah dibandingkan dengan angkutan lainnya.

Sujadi menyebutkan, hingga kini, PT KA belum menyiapkan gerbong kereta Sukabumi-Bogor.

“Kami berharap, pemerintah menyediakan KRD-nya. Kalau bisa, menyediakan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) seperti di Yogyakarta,” katanya, sambil menambahkan gerbong kereta akan disiapkan lima bulan menjelang operasionalisasi KA.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Iman (28) menyambut positif akan diaktifkannya kembali KA Sukabumi-Bogor, mengingat keberadaan KRD sangat membantu mobilitas warga Sukabumi menuju Bogor maupun Jakarta, khususnya kalangan menengah ke bawah.

“Saya sangat setuju sekali KRD jurusan Sukabumi-Bogor diaktifkan kembali, karena akan membantu masyarakat Sukabumi menuju Bogor dan Jakarta serta ongkosnya pun relatif lebih murah ketimbang angkutan lainnya,” katanya.

Namun, tambah dia, diperlukan peningkatan pelayanan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, seperti dengan pengadaan kereta bisnis dan kereta wisata yang dapat menarik para penumpang untuk menggunakan kereta api, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah mendatangi Sukabumi. (*)

wah, kalo bener ada kereta wisatanya, lebih baik lagi nih. Kan jalur itu termasuk jalur eksotis juga. Apalagi, kalo pake kereta uap, lebih membumi:D Terus, kalo bisa ada kereta tujuan bandung yang melintasi track ini, biar ada variasi jg kan..kapan ya maen ke sana…

Comments

10 Responses to “Jalur Bogor Sukabumi Berfungsi kembali Awal 2009”

  1. yogie on June 9th, 2008 12:09 pm

    pertamax….(kaskus freak….)….

    wah saya menyambut positif kebijakan PT KAI…. lumayan kan bisa membantu membangun sukabumi…. lagipula dgn naiknya harga BBM spt skrg diperlukan moda transportasi yg murah dan nyaman…. soal kreta jurusan sukabumi-bandung sy jg dukung deh…. biarpun seumur-umur sy blm pernah ke bandung…hehheeh….

  2. gethukelektrik on June 9th, 2008 5:19 pm

    aku nunggu kebumen-kutoarjo-jogja-semarang enek gak yoh….. sepure mbelah munggah gunung….wueee :lol:

  3. andhika_wahyu on June 10th, 2008 12:54 pm

    weh,bac, sapa bilang g ada..dari kebumen, naek aja kereta ekonomi, plg g byr. wong deket. sampe kutoarjo,naek pramex mpe solo. terus, daRi solo, naek krd pandanwangi ke semarang…sampe dah…:D

  4. ardian on July 23rd, 2008 7:58 am

    Wah…. kebetulan saya nih orang sukabumi, informasi katanya mau dibikin 3 jalur sehingga akan mengembangkan ke kiri dan kanan @25 meter, betul gak sih? informasi lagi bahwa kereta harus sudah jalan sebelum bulan puasa ?
    Nuhun pisan kangnya ?

  5. budi on August 1st, 2008 10:13 pm

    Alhamdulilah,, saya mah setuju banget kereta bogor-sukabumi diaktifkan lagi.. berhubung saya ngampus di IPB jadi bisa ngirit kalo mau maen ke sukabumi.. Kapan nih bogor-bandung? Sepertinya bakal jadi jalur yang romantis,, hm,, lewat sawah dan gunung,,, alam sukabumi yang indah,, senangnya kalau bisa naik kereta bersama istri,,hehe..
    Hayuk,, saya dukung kereta bogor-sukabumi-bandung!

  6. gherry march on August 19th, 2008 12:56 pm

    Alhamdulillah Saya Haturkan terima kasih
    saya sebagai wargai sukabumi turut berbahagia dengan di aktif kan nya lagi KAI Bogor Sukabumi Kalau bisa sampai bandung ya ,
    Dan Mohon dong Tidak Hanya KAI Ekonomi Saja Tapi Ada Esekutif And Bisnisnya Dong Heheheeee

  7. Neta on October 9th, 2008 4:11 pm

    Setuju banget.. karena saya bisa irit pulang ke Sukabumi… klo bisa seperti Jakarta Bekasi atau Jakarta Bogor, ada ekonomi dan business nya… he he, terima kasih PT KAI saya tunggu ya

  8. jayengs on October 15th, 2008 12:06 pm

    Saya menyambut gembira rencana pembukaan jalur KA Bogor-Sukabumi yang selama hampir 2 tahun tutup. Saya menyarankan agar revitalisasi jalur KA dan sarananya dapat dilanjutkan sampai Cianjur dan Bandung. Potensi bisnisnya terbuka sekali dan juga dapat membantu pengurangan kepadatan/kemacetan jalur darat di wilayah terkait. Namun diperlukan perjuangan Pemda Jabar dan masyarakatnya untuk bersama-sama Pemerintah Pusat dapat mewujudkannya secara bertahap. Barangkali akan berdampak positif terhadap pengembangan kawasan Jabar Selatan sehingga wacana Gerbang Mapak (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pakidulan) yang sempat dilontarkan Mang Solichin GP dapat dihidupkan kembali.

  9. Noeloe on October 17th, 2008 2:45 pm

    AQ sebagai urang Bogor setuju pisan, jalur Ka Bogor - Sukabumi di aktifkan kembali soalnya jalan raya Sukabumi sudah overload bgt…. andai jalan bisa ngomong mungkin dia sekarang meringis kesakitan gara-gara keserakahan manusia yang membebani jalan tsb….. Kontainer, Tronton, Bus, Angkot, Motor, Beca sampai Dokar tumplek blek di jalan tsb….

  10. b i e b on November 8th, 2008 11:10 pm

    ktanya pk bekas KRDH Prameks,jdnya dikirim from jogja…

Leave a Reply




cc20145